Senin, 15 April 2013

Sekilas Kabupaten Manggarai Barat 2


peta manggarai


Kondisi Obyektif Kabupaten Manggarai Barat.

1. Letak geografis Secara geografis

Kabupaten Manggarai Barat terletak di ujung barat Pulau Flores dan berada diantara 080.14’ LS-090.00’ LS dan 1190.21’ BT-1200.20’ BT. 

2. Batas wilayah

 Utara : Laut Flores
 Selatan : Laut Sawu 
 Timut : Kabupaten Manggarai
 Barat : Selat Sape

3. Luas wilayah
     Kabupaten Manggarai Barat mempunyai luas wilayah 10.000,47 km2 dengan luas wilayah daratan 2.974,5 km2 dan luas wilayah laut 7.052,97 km2. Wilayah daratan terdiri dari daratan Pulau Flores dan beberapa gugusan pulau seperti Pulau Komodo, Rinca, Longos serta beberapa pulau kecil lainnya.

4. Topografi
    Topografi Kabupaten Manggarai Barat berbukit-bukit dengan kemiringan mencapai 450 dan terdiri dari daerah pegunungan/bukit, daerah pesisir dan dataran rendah.

5.  Iklim
     Kabupaten Manggarai Barat beriklim panas denga suhu udara berkisar di antara 170 C- 320 C. • Penduduk Penduduk Kabupaten Manggarai Barat berjumlah 216.448 jiwa yang mendiami 10 wilayah kecamatan baik di daratan bagian barat Pulau Flores maupun yang mendiami pulau-pulau kecil.

6. sudut ekonomi 
      Dari sudut ekonomi, mayoritas masyarakat Kabupaten Manggarai Barat menggantungkan hidupnya pada pertanian selain berapa potensi ekonomi seperti pariwisata dengan obyek seperti Taman Nasional Komodo, Kawasan Hutan Mbeliling, Istana Ular, dan beberapa objek wisata air terjun seperti Cunca Rame dan Cunca Wulang.

7.  Kelompok etnis
     Kabupaten Manggarai Barat terdiri atas etnis Manggarai, Bima, Bugis, Jawa, dll yang turut mewarnai dinamika pembangunan di Manggarai Barat.

8. Sosial Budaya 
       Selain kebudayaan asli Manggarai kehidupan sosial budaya Manggarai Barat juga dipengaruhi oleh budaya Jawa, Bugis, Bima, Timor, Ngada,dll. Semuanya menambah keanekaragaman budaya dan adat istiadat masyarakat Manggarai Barat

9. Sebaran agama
     Sebaran penduduk menurut agama di Kabupatenn Manggarai Barat bersifat homogen. Daerah dataran tinggi mayoritas beragama Kristen Katolik, masyarakat beragama Islam lebih banyak berdomisili di daerah pesisir. Sedangkan Penduduk yang beragama Kristen Protestan, Hindu dan Budha lebih banyak berdomisili di daerah perkotaan karena pada umumnya mereka adalah penduduk pendatang.


Maaf jika ada kesalahan dalam pstingan ini dan terima kasih sudah membaca.

GBU

0 komentar:

Posting Komentar

God Blessing .... !!! Tiada kesan tanpa meninggalkan Jejak ...!!!

KOmentar FACEBOOK